DD Harus Berdampak Langsung Ke Masyarakat

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa/ BUMDes) menjadi salah satu program prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Tahun 2017 di samping 3 program lainnya, yakni One Village One Product (Satu Desa Satu Produk), Embung Desa, dan Sarana Olahraga. Melalui BUMDes, masyarakat desa didorong untuk mengelola ekonomi secara otonom.

Untuk mensukseskan itu, pendamping desa Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( P3MD) dalam prioritas progamnya dituntuk aktif pengawalan dan pendampingan. Hal itu disampaikan salah satu Tenaga Ahli (TA) pendamping P3MD Kabupaten Tuban, Muhimmuddin, Senin (15/5/2017).

"Sosialisasi dan pendampingan pembentukan BUMDes terus kita lakukan bersama, selain itu juga prioritas penggunaan Dana Desa (DD) 2017 lainnya," ujar Muhim, sapaan akrabnya kepada blokTuban.com, Senin (15/5/2017).

Menurut dia, kegiatan pendampingan bulan ini konsentrasi pada fasilitasisasi pencairan DD tahap I, terkait dengan prioritas kegiatan Pembangunan dan Pemberdayaan. Harapannya DD memiliki dampak langsung kepada masyarakat, seperti bangunan embung, jalan pertanian, jalan lingkungan, Posyandu, dan Pendidikan usia dini.

"Sementara di bidang pemberdayaan, terkait pembertukan BUMdes, pelatihan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, pelatihan pengelolaan sampah, dan sejenisnya," papar Muhim.

Kegiatan yang tidak kalah penting lanjut dia, yakni membangun koordinasi yang baik dangan para pelaku (stake holders) level desa dan kecamatan. Sebab, koordinasi bersama penting, sebagai bentuk sinergi kebijakan dengan program-program daerah.

"Ini penting, koordinasi bersama sebagai wujud memajukan desa sesui cita-cita Kemendes PDTT," pungkasnya. [rof/ito]