Penyerapan Anggaran Pembebasan Tanggul Rp7 Miliar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Proyek pembangunan tanggul Sungai Bengawan Solo yang berada di wilayah administratif Kabupaten Tuban terus berlanjut. Setiap tahunnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan, anggaran pembebasan lahan yang mampu diserap mencapai Rp7 miliar.

"Setiap tahun sudah kita anggarkan sekitar Rp10 miliar untuk pembebasan, namun yang terserap biasanya Rp5 miliar hingga Rp7 miliar," kata Budi.

Seperti diketahui, pembangunan tanggul dimulai sudah sejak 2015 yang dilakukan di Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Kemudian pembangunan dilanjutkan hingga nanti selesai di Desa Menilo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Dana pembebasan lahan yang berasal dari APBD Tuban, tambahnya setiap tahunnya selalu disediakan hingga proyek pembangunan yang disebut proyek multi years ini selesai. Sementara penyerapan anggaran disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

"Untuk pembangunan fisik sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo," ujarnya.[dwi/col]