Jelang Puasa, Harga Bawang Putih di Rengel Naik Signifikan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjelang datangnya bulan Puasa jajaran Polsek Rengel melakukan pantauan harga kebutuhan di Pasar Rengel yang terletak di Desa/ Kecamatan Rengel, Kamis (4/5/2017). Dalam inspeksi harga tersebut didapati komoditas bawang putih di wilayah Rengel naik signifikan.

Kenaikan pada sepekan terakhir, tiap satu kilogram bawang putih mencapai Rp15.000. Dari harga semula Rp35.000, kini naik menjadi Rp45.000 per kilogramnya.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Rengel AKP Musa Bakhtiar menjelaskan, kegiatan pemantauan harga yang dilakukan untuk mengantisipasi melambungnya harga kebutuhan di pasaran.

"Ini merupakan atensi dari Bapak Kapolri untuk memantau harga kebutuhan pangan menjelang bulan Ramadhan. Tujuannya untuk mengantisipasi segala kemungkinan terjadinya gejolak di masyarakat sehingga kami bisa menentukan upaya-upaya lanjut demi situasi Kamtibmas yang tetap aman," ujar Musa Bakhtiar.

Informasi di lapangan menyebut sejumlah harga komoditas lainnya cukup stabil. Namun terdapat beberapa bahan pokok mengalami perubahan harga, seperti bawang merah yang semula berkisar Rp35.000 turun menjadi Rp28.000 per kilogram.  

"Harga kebutuhan yang paling banyak mengalami kenaikan memang bawang putih, selisih dari sebelumnya sekitar Rp15.000," tutur salah seorang pedagang di Pasar Rengel, Ali.

Kenaikan harga tersebut rupanya dikeluhkan warga setempat, salah satunya Suntari. Dia berharap adanya pemantauan harga kebutuhan di pasaran oleh pemerintah. Sebab mendekati bulan puasa, harga kebutuhan pokok yang tidak segera turun bisa menambah beban masyarakat.

"Harapan kami adalah harga bahan pokok khususnya bawang putih turun, karena kalau naik terus kami tidak kuat membelinya," ujarnya.

Menanggapi kenaikan beberapa harga komoditas tersebut, dilakukan koordinasi tingkat Muspika Rengel. Lantas akan segera dilakukan antisipasi kenaikan harga sejumlah komoditas, terlebih di bulan Puasa mendatang.

"Kami akan segera mengambil langkah tentunya dengan melibatkan instansi-instansi terkait dengan menggelar operasi pasar terutama menjelang Bulan Ramadan, ini untuk menekan melonjaknya harga bahan kebutuhan pokok," jelas Sekcam Rengel, Suwasis.[dwi/col]