Tuban Menuju e-Government

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Program Pemerintah Kabupaten Tuban menjadi smart city atau kota pintar ditujukan dalam upaya menuju e-government.

Bupati Tuban, Fathul Huda menjelaskan, dalam era digital pemanfaatan teknologi informasi berintegrasi dengan Pemkab Tuban. Kedepan ia berharap dapat menciptakan ruang terbuka untuk masyarakat agar terlibat aktif dalam pembangunan daerah melalui teknologi.

"Melalui aplikasi Taprose pemerintahan dengan iklim transparansi dapat terwujud, selain mempercepat pembangunan juga mempercepat peningkatan kesejahteraan," kata Fathul Huda.

Aplikasi Taprose yang memiliki kepanjangan Tuban Public Report Service ini merupakan aplikasi berbasis web android yang diluncurkan oleh Diskominfo. Aplikasi yang diluncurkan awal bulan Mei tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini meminta Diskominfo bersinergi dengan relawan TIK, yang juga dilakukan pengukuhan anggota bersamaan launching aplikasi Taprose, Kamis (4/5/2017). Dengan memberikan pengertian dan pembinaan kepada masyarakat, sehingga tercipta masyarakat cerdas dan mampu memilah informasi mana yang baik.

"Hendaknya aplikasi Taprose ini dimanfaatkan secara optimal oleh Organisasi Perangkat​ Daerah dan masyarakat, sehingga terjalin komunikasi yang baik dan dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengambilan kebijakan pembangunan," tambahnya. [dwi/rom]