Rencana APBD Tuban 2017 Capai Rp2,1 Triliun

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban tahun 2017 mencapai Rp2,1 triliun. Angka tersebut naik 1,68 %, dibanding APBD tahun 2016 yang mencapai Rp153,3 miliar.

Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Bupati Tuban, Fathul Huda menyatakan, Dana Alokasi Umum (DAU) memiliki kontribusi yang paling dominan bagi pemasukan daerah. DAU merupakan sumber pendapatan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Tuban pada tahun 2017.

Fathul Huda beranggapan, pendapatan daerah mempunyai peran yang sangat strategis dalam memperkuat kapasitas fiskal. Selain itu pendapatan daerah berperan penting memperluas ruang gerak dalam membiayai pembangunan.

"Dalam mewujudkan peningkatan pendapatan daerah, kebijakan pendapatan daerah diarahkan dengan meningkatkan efesiensi dan efektifitas pemungutan dan penerimaan daerah serta meninjau kembali peraturan daerah tentang pendapatan daerah yang tidak sesuai," terang orang nomor satu di Tuban tersebut.

Oleh Karena itu, lanjutnya, Pemkab Tuban berupaya terus meningkatkan penggalian dan pengembangan sumber-sumber pendapatan daerah. Seperti dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), dana perimbangan, maupun pendapatan yang sah lainnya kian diupayakan ada peningkatan. [dwi/rom]