Jalan Nganget Amblas, Perbaikan Kewenangan Perhutani dan Pemdes

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hampir satu bulan jalur wisata ke pemandian sumber air hangat, sendang Nganget, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur terganggu. Para pengunjung harus memarkir kendaraan roda empat di pertigaan gang masuk wisata, Desa Sidorejo, Kenduruan lantaran jalan yang biasa untuk akses ke wisata amblas.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com di lapangan, jalur menuju Nganget hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Sementara kendaraan roda empat milik wisatawan diparkir di Dusun Mojo, Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan. Tak pelak hal itu menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat setempat untuk menyediakan jasa ojek.

Pengelola wana wisata di petak 33 A dan B RPH Juron, BKPH Bangilan, KPH Jatirogo, Hariyanto ketika dikonfirmasi blokTuban.com mengaku, pihak Perhutani dan Pemerintah Desa (Pemdes) Sidorejo yang memiliki tanggungjawab mengembalikan kondisi jalan seperti semula.

"Untuk jembatan tanggungjawab Perhutani, sedangkan tebing penahan jalan kewenangan Pemdes Sidorejo," katanya, Senin (19/12/2016).

Hariyanto menambahkan, saat ini sudah ada material pasir yang dikirim Perhutani untuk pembenahan. Sementara waktu pengerjaan, kata dia, rencananya dimulai Kamis depan (22/12/2016). Pihaknya juga berharap pembenahan jalan tersebut berjalan cepat dan lancar.

"Kabarnya Kamis depan mulai dikerjakan, karena saat ini material sudah datang," imbuh Hery, panggilan akrab petugas pintu masuk wisata Nganget itu.

Sementara pihak Pemdes Sidorejo ketika dikonfirmasi blokTuban.com belum ada tanggapan. Kepala Dusun Mojo, Sidorejo ketika dihubungi melalui ponselnya hanya terdengar nada tunggu. [rof/rom]