Wabup: Jangan Kaitkan Pusat Belajar Guru dengan Sertifikasi

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Adanya pusat Pusat Belajar Guru atau PBG di Kabupaten Tuban, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein berharap dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Menurut Wabup, menjadi bagian PBG tidak lantas melulu dikaitkan guna mempermudah pengurusan sertifikasi guru.

Gedung PBG yang berdiri apik di Jalan Panglima Sudirman No.283 Tuban merupakan tempat bagi guru ahli mengekplorasi kemampuan mengajar. Terdapat 40 lebih guru ahli dan pengelola PBG dari beberapa sekolah dari jenjang pendidikan PAUD hingga SMA sederajat.

"Saya berharap guru jangan malas-malas, bagaimana dapat membangun kapasitas dan kualitas guru. Jangan dikaitkan di PBG lama tapi sertifikasi tidak dapat," terang Noor Nahar menegaskan.

Seperti diketahui, PBG merupakan layanan pengembangan kualitas pembelajaran, fasilitas penelitian dengan adanya sarana penunjang pembelajaran. Beberapa hal dasar namun penting dalam mendukung perbaikan mutu guru yakni perpustakaan, laboratorium IPA, ruang komputer, ruang diskusi dan ruang seminar.

Hasil yang hendak dicapai adanya PBG dapat melahirkan guru profesional di bidangnya. Sebab itu, guru ahli yang dipilih diharapkan dapat menularkan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh selama di PBG.[dwi/rom]