Gandeng Bank UMKM, Pemkab Anggarkan Rp75 Juta Dana Bergulir

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggandeng Bank UMKM guna mengelola dana Rp75 Juta untuk fasilitas pendampingan pinjaman dana bergulir.

Bank UMKM sebagai pengelola dana dalam hal ini menjadi kepanjangan tangan Pemkab menyalurkan dana bergullir. Adanya dana bergulir tersebut Pemkab berharap bisa membantu meningkatkan para pelaku UMKM dalam mengelola usahanya.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, program tersebut juga telah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Tuban nomor 25 tahun 2013, tentang pedoman umum pemberian pinjaman modal kepada UMKM serta kelompok petani makmur di Kabupaten Tuban.

”Selain itu kita juga melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan pembinaan fasilitasi kewirausahaan terhadap para pelaku UMKM,” ujar orang nomor dua di Kabupaten Tuban tersebut.

Dengan evaluasi dan monitoring, lanjut Noor Nahar, pihaknya bisa menilai sejauh mana hasil yang dicapai dan seberapa jauh dampaknya terhadap pertumbuhan dan peningkatan ekonomi di Tuban. Selain itu, juga dilakukan pelatihan kewirausahaan untuk menumbuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

"Pelatihan yang diberikan diantaranya pelatihan pembuatan makanan minuman, pelatihan pembutan kerajinan, pembuatan jamu herbal dan kerajinan manik-manik," ungkapnya. [dwi/rom]