Tanggulangi Sampah, DPU Akan Bangun TPS

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tidak tersedianya tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di wilayah pasar Desa Ngrojo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, membuat pinggir jalan sebagai alternatif untuk membuang sampah.

Kondisi itu terjadi di Jalan Raya Bangilan-Senori tepatnya di Desa Ngrojo, Kecamatan Bangilan. Limbah pasar desa tersebut menumpuk di pinggir jalan dan mengeluarkan bau tak sedap.

Selain mengganggu kenyamanan warga setempat, keindahan pun tak lagi ditampakan. Ironisnya, sampah tersebut tepat berada di jalan utama penghubung antar kecamatan.

Menyikapi hal itu, Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas Pekerjaan Umum (UPTD PU) Kecamatan Bangilan, Ra'is sudah mengusulkan ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tuban, agar di bangun TPS di area pasar.

"Ketika rapat evaluasi kerja, TPS Ngrojo sudah kami bahas dan rencananya akan dibangun depo untuk kontener sampah," jelas PNS asal Kerek itu.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai kepala UPTD PU Kecamatan Senori itu menambahkan, teknisnya ketika di TPS sudah penuh, sampah akan di bawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Kecamatan Jatirogo.

"Bukan hanya di pasar Ngrojo, di pasar Bangilan juga akan ditingkatkan penanganan limbah pasar," pungkasnya. [rof/ito]