Unik, Pisang Di Kenduruan Bertandan Dua

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebuah fenomena unik terjadi di Dusun Sabruk, Desa Tawaran, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Pasalnya, pohon pisang yang tumbuh di depan rumah Abdul Kholis (29) bertandan dua.

Awal mula Kholis sapaan akrabnya menemui pisangnya yang bertandan dua sejak tanggal 27 Juli 2016. Ia terkejut karena tak biasanya dan baru kali ini.

"Sudah bertahun-tahun tumbuh, namun baru kali ini keluar dua tandan," ujar pria yang sehari-hari bekerja di sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tawaran itu.

Uniknya pisang yang berada di RT 03/ RW 04 Desa Tawaran itu, tak banyak diketahui tetangga Kholis. Hingga kini pisang hijau tersebut tumbuh normal seperti pisang pada umumnya.

"Dua tandan buah pisang juga normal, masing-masing tandan berisi 7 dan 8 cengkeh" imbuhnya kepada blokTuban.com, Sabtu (20/8/2016).

Menurut penjelasan pria yang juga anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) desa Tawaran, kini sudah banyak dari teman-teman dan kerabat yang pesan untuk meminta jika sudah masak nanti. "Kalau minta bibit belum saya kasih," tandasnya.

Zumrotun (20) tetangga Kholis mengatakan, baru hari ini ia mengetahui adanya buah pisang yang tak lazim itu.

"Aku baru tahu ini, gak nyadar kalau ada pisang yang berbuah dua tandan," ungkap gadis itu saat berkunjung ke rumah Kholis.[rof/ito]