Angka Harapan Hidup Tuban Menunjukkan Trend Positif

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Trend angka harapan hidup masyarakat Tuban menunjukkan trend positif beberapa tahun belakangan ini. Dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut trend harapan hidup terbilang naik signifikan.

Data litbang blokTuban.com menunjukkan, pada tahun 2012 hingga 2014 angka harapan hidup naik meski tidak lebih dari satu persen. Angka harapan hidup berada pada persentase 68,21 di tahun 2012, kemudian meningkat tipis menjadi68,71 pada 2013 dan di tahun 2014 menjadi 69,09.

Seperti diketahui angka harapan hidup merupakan alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah. Yakni sejauhmana kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya, dan meningkatkan derajat kesehatan pada khususnya.

Kenaikan angka harapan hidup tidak lepas dari beberapa indikasi beberapa aspek. Keberhasilan program kesehatan dan program pembangunan sosial ekonomi menjadi salah satunya.

"Pelayanan kesehatan bagi masyarakat harusnya tidak ada pembatasan," kata Kepala Dinas Kesehatan, Saiful Hadi.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, di penghujung 2015 sempat geger kabar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuban memulangkan seorang pasien dalam kondisi belum sepenuhnya sembuh. "Pemkab Tuban tengah berusaha agar pelayanan kepada pasien tidak mampu bisa berjalan maksimal," kata Saiful menambahkan. [dwi/col]