Puting Beliung Intai Pesisir Tuban

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Angin puting beliung berpeluang terjadi di sepanjang wilayah pesisir Kabupaten Tuban. Sebagai dampak angin kencang dan gelombang tinggi yang terjadi di perairan laut utara.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, angin laut saat sekarang bisa mencapai 24 knots. Sedangkan kecepatan angin di wilayah darat bisa mencapai 35 kilometer perjam. Angin kencang biasanya terjadi kisaran jam 12 siang.

"Sepanjang masih ada angin kencang di laut utara, potensi puting beliung masih rawan terjadi di wilayah pesisir," jelas Kepala Seksi (Kasi) Kesiap Siagaan Bencana di BPBD Tuban, Saefiyudin, Rabu (15/6/2016).

Dia mengatakan, potensi angin kencang diperkirakan bisa terjadi sampai tanggal 16 Juni besok. Selain itu, keberadaan angin kencang juga akan berdampak pada turunnya hujan dengan intensitas lebat di wilayah Kabupaten Tuban.

Diketahui, angin puting beliung juga sempat menerjang 11 rumah penduduk di kawasan pesisir. Tepatnya di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Meski angin kencang dan gelombang tinggi di laut utara, tetapi belum ada laporan terjangan air Rob. Hanya ada satu abrasi yang membuat trotoar di Jalan Re Martadinata ambrol. Setelah terkikis gelombang air laut yang sampai di tanggul penahan gelombang.

"Sejauh ini belum ada Rob, meskipun potensi (Rob) itu tetap ada karena kita berada di wilayah pesisir," kata Asep, sapaan akrab pria ini. [pur/rom]