Sambut HUT Bhayangkara ke-70, Polres Gelar Lomba Siskamling

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-70 tahun 2016, Personel Sat Binmas Polres Tuban melaksanakan penilaian lomba Siskamling di Pos Kamling Terpadu Rw 5, Dusun Karanganyar, Desa Sidomukti, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, Senin malam (13/6/2016).

Dalam penilaian lomba Siskamling tersebut, team penilai dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Tuban AKP Mardiyah, dan turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Kenduruan AKP Subagyo, dan anggota Polsek Kenduruan.

AKP Mardiyah mengatakan, yang menjadi penilaian lomba siskamling adalah kelengkapan Poskamling, kebersihan dan peran aktif petugas ronda melaksanakan patroli di lingkungan RT-nya, serta langkah-langkah petugas ronda apabila menemukan suatu kejadian seperti tindak pidana, kebakaran serta bencana alam untuk  berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Harapannya agar warga masyarakat untuk mengaktifkan kembali petugas jaga pos kamling dengan mengadakan ronda dan mewaspadai tamu-tamu asing yang masuk ke desa-desa," ujar Mardiyah.

Tujuan daripada lomba Siskamling tersebut adalah untuk memberikan semangat, serta memotifasi masyarakat untuk lebih giat lagi menjaga keamanan lingkungannya masing-masing, sehingga diharapkan tercipta situasi yang aman dan kondusif.

"Warga harus mewaspadai adanya Paham Radikalisme yang dilarang oleh pemerintah. Serta menekan bahaya penyalahgunaan Narkoba. Selain itu, agar warga masyarakat bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri (Polmas)," pungkas Kasat Binmas Polres Tuban.

Setealah memberikan arahan-arahan maupun imbauan, dilanjutkan menyalurkan sarana roda, berupa batry kepada Ketua Rw 5 dan dan sarung kepada Tokoh Agama Desa Sidomukti. [rof/]