Kesehatan Jiwa, Prioritas Puskesmas Senori.

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kesehatan serta kesembuhan pasien menjadi prioritas Puskesmas Senori dalam pelayanan masyarakat. Hal itu disampaikan kepala Puskesmas Senori, dr. Fitria Wahyuningtyas, kepada blokTuban.com, Senin (13/6/2016).

Menurutnya, sehat adalah keadaan sejahtera, fisik mental dan sosial dan tidak sekadar terbebas dari keadaan cacat dan kematian. Definisi sehat ini berlaku bagi perorangan maupun penduduk (masyarakat).

"Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh empat faktor yang saling berinteraksi yaitu, lingkungan, perilaku, keturunan dan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Dalam hal ini Puskesmas Senori memiliki perhatian khusus terhadap kesehatan jiwa. Karena kesehatan jiwa adalah suatu kondisi mental sejahtera yang memungkinkan hidup harmonis dan produktif sebagai bagian yang utuh dari kualitas hidup seseorang.

Jadi kesehatan jiwa (mental) merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kesehatan secara keseluruhan." Pihak puskesmas selau berusaha kasih pelayanan yang maksimal buat msyarakat Senori, khususnya kesehatan jiwa", imbuhnya.

Gangguan kesehatan jiwa menimbulkan penderitaan yang mendalam bagi individu dan keluarganya, baik mental maupun materi. Pandangan masyarakat terhadap penderita jiwa dianggap hina dan memalukan, pemahaman yang masih kurang tentang kesehatan jiwa di berbagai kalangan, didukung mayoritas oleh faktor kemiskinan keluarga.

Kegiatan program kesehatan jiwa di UPTD Unit Puskesmas Senori sudah mulai dilaksanakan dari tahun 2015 sampai dengan sekarang. "Sejak usai dapat pelatihan di Surabaya, kami dipercaya untuk segera menangani gangguan jiwa di tengah masyarakat. Dalam hal ini kita lakukan secara bersama dengan pihak Muspika Kecamatan Senori," pungkas dokter dua anak tersebut. [rof/col]