Ombak di Laut Utara Bisa Capai 4 Meter

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Gelombang tinggi yang melanda wilayah perairan laut utara, di Kabupaten Tuban, sudah terjadi sejak satu minggu terakhir. Selama itu pula, nyaris semua nelayan tidak bisa melaut. Apabila terpaksa, mereka hanya mencari ikan di pinggiran pantai.

Pengakuan nelayan, gelombang tinggi di tengah laut bisa mencapai empat sampai lima meter. "Sekarang angin timur, di tengah gelombangnya sangat tinggi dan rentan menerjang perahu," jelas Dodok (40), salah satu nelayan asal Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, kepada blokTuban.com, Senin (13/6/2016).

Nelayan lain, Kasmiyadi, menggambarkan tingginya gelombang menyerupai bukit kecil. Perahu kecil nelayan akan terombang-ambing, dan kesulitan melihat pandangan di depan ataupun disamping perahu.

"Lihat depan dan samping air semua, kalau misal ada perahu di depan kita juga tidak akan tau," kata Kasmiyadi.

Karena itulah, mereka memilih menambatkan perahu dan menunggu keadaan pulih. Sesuai kebiasaan, angin timur akan terjadi sampai akhir bulan Agustus mendatang. "Tetapi tidak terus terjadi, biasanya seminggu angin kencang kemudian seminggu atau dua minggunya lagi cuaca membaik," kata Kasmiyadi.

Saat cucaca membaik itulah, dimanfaatkan nelayan untuk melaut. Tetapi, apabila cuaca buruk terlalu lama maka mereka terpaksa melaut untuk mencukupi kebutuhan hidup. [pur/ito]