Penilaian Lomba Siskamling, Sambut dengan Tonglek

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pos Kamling RT.17/RW.02 Desa Montongsekar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban Menyambut kedatangan tim penilai lomba Siskamling dari Polres Tuban dengan Tonglek dari anggota ronda yang sedang berjaga.

Sekitar lima orang anggota ronda Pos Kamling RT.17/.RW.02 Desa Montongsekar menabuh tonglek saat tim penilai dari Polres Tuban turun dari mobil. Itu merupakan tanda kesolidan dan kekompakkan para anggota ronda kampung setempat.

Tim penilai dipimpin oleh Kasat Binmas, Polres Tuban, AKP Mardiyah, yang tiba di pos kamling Desa Montongsekar sekitar pukul 23.45 WIB, Selasa (14/6/2016). Selain itu hadir juga Kapolsek Montong, IPTU Rukimin, serta jajaran anggotanya, perangkat desa dan beberapa linmas Desa Montongsekar.

AKP Mardiyah mengatakan, yang menjadi penilaian dalam lomba Siskamling ini adalah kelengkapan pos kamling, Kebersihan dan peran aktif petugas ronda melaksanakan patroli di lingkungannya, serta langkah-langkah petugas ronda apabila menemukan kejadian.

"Petugas ronda wajib mengetahui tanda bahaya dengan isyarat kentongan yang benar," ujarnya, saat penilaian Pos kamling Montongsekar.

Dari pantauan blokTuban.com, dalam penilaian ini, petugas ronda diberikan pertanyaan tentang penggunaan kentongan yang benar saat ada kejadian seperti halnya pembunuhan, perampokan, kebakaran, bencana alam, pencurian hewan dan tanda aman.[hud/rom]