Petani Desa Gesikan, Baru Panen Padi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim panen Padi untuk tahapan yang pertama kebanyakan di kawasan Kabupaten Tuban yang meliputi 20 Kecamatan telah berlangsung pada bulan Maret hingga April tahun 2016.

Untuk bulan Mei 2016 sekarang ini, kebanyakan petani telah melakukan penanaman lagi dan tanaman padi tahapan yang kedua tersebut banyak yang sudah mulai menampakkan biji padinya. Namun, berbeda dengan salah satu dusun di Kecamatan Grabagan ini, Minggu (29/5/2016).

Dari pantauan blokTuban.com Para petani di Dusun Karean, Desa Gesikan, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban ini baru melaksanakan panen padi untuk yang pertama kalinya di musim ini. Selain itu setelah dipanen tanah terlihat sudah mengering sehingga tidak memungkinkan lagi untuk ditanami padi.

Salah satu petani di dusun tersebut Mulyono (35) mengaku hal ini dikarenakan musim penghujan datang terlambat. Selain itu tekstur tanah yang kering setelah dilanda kemarau yang panjang mempengaruhi penanaman padi yang mengalami keterlambatan.

"Petani di sini melakukan panen padi yang umurnya sama saja dengan petani yang lain, hanya saja datangnya hujan mengalami kemunduran," ujar Yono sapaan akrabnya kepada blokTuban.com.

Ditambah lagi tanah yang begitu kering, dan tidak adanya sumur bor untuk irigasi, sehingga harus menunggu tanah tersebut hingga benar-benar basah. Akibatnya, penanaman padi baru bisa dilakukan, namun biasanya bulan April di kawasan ini sudah panen.

"Memang keterlambatan panen ini dikarenakan musim penghujan mengalami kemunduran, dan tidak adanya sumur bor hingga memaksa para petani menunggu tanah diguyur hujan hingga basah," tambah Mulyono.[hud/col]