Transaksi Melalui Wesel Pos Instan Capai Rp900 Juta

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Pengiriman uang melalui wesel pos instan atau elektronik di PT Pos Indonesia Cabang Tuban pada bulan Januari 2016 lalu mencapai Rp 900 juta.

"Dari beberapa jasa pengiriman uang dari Kantor Pos, transaksi melalui wesel instan yang paling tertinggi," ungkap Kepala PT Pos Indonesia Cabang Tuban, Mohamad Sauji, Senin (22/2/2016).

Diketahui pada pengiriman wesel pos elektronik memungkinkan masyarakat yang tidak memiliki rekening bank, baik yang mengirim maupun yang dikirimi, untuk mengirim uang dan menerima uang.

"Dengan sistem elektronik, Penerima bisa langsung mengambil uangnya di kantor pos terdekat dengan membawa bukti diri seperti KTP. Serta membawa Nota Transaksi Password (NTP)," kata M Sauji menambahkan.

Data yang dihimpun blokTuban.com jumlah transaksi pada wesel instan mencapai 791. Dibanding transaksi produk pengiriman lain, transaksi wesel lebih unggul. Produk lainnya maksimal mencapai 200 transaksi.

"Penerima uang dipastikan membawa bukti diri seperti KTP dan NTP bertujuan meminimalisir terjadinya penipuan. Beberapa kasus pernah terjadi pembajakkan password pada transaksi wesel instan," pungkas sauji.[dwi/ito]