Kantong Plastik Berbayar Mulai Berlaku di Tuban

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Dalam rangka mengkampanyekan diet kantong plastik, sejumlah toko modern di Tuban memberlakukan plastik berbayar, Senin (22/2/2016).

Sebagaimana diketahui, hal ini sesuai kebijakan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik. Kebijakan ini, diberlakukan sejak pertanggal 21/2/2016, bertepatan dengan Sampah Nasional.

Salah seorang penjaga toko retail atau toko modern di jalan Basuki Rahkat - Tuban, Ayuk mengatakan, sudah ada sosialisasi informasi terkait plastik berbayar. Namun, saat ini sistem kami sedang menyesuaikan.

"Sistem komputer saat ini sedang diperbaiki. Belum diterapkan sepenuhnya, tapi pada akhir pembelajaan disarankan untuk mendonasikan sebagian kembalian," terang gadis berhijab ini.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, pada meja kasir terdapat himbauan diet kantong plastik. Akan tetapi sebagian yang toko yang memajang himbaun tersebut.

Pada toko retail lain yang berada di jalan Panglima Sudirman - Tuban, Elisa mengatakan, di toko tempat ia bekerja tidak dipasang himbauan diet kantong plastik. Namun demikian setiap kali pembayaran, kantong pembungkus sudah dikenai biaya.

"Tiap kantong plastik berbayar dikenai Rp200. Plastik berbayar diterapkan sejak kemari," pungkasnya.[dwi/ito]