Tanam Cabai di Bawah Jagung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Para petani yang berada di Kecamatan Grabagan dan Kecamatan Rengel, memanfaatkan sela-sela tanaman jagung untuk ditanami cabai, Kamis (11/2/2016). Hal ini dilakukan agar lahan pertanian bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Salah satu petani Dusun Gembong, Desa/Kecamatan Rengel, Kaskonah (55) mengatakan, penanaman cabai dengan cara tersebut sudah berlangsung sejak lama, agar nanti mendapatkan hasil panen yang berkala atau terus.

"Kalau cara penanaman cabai seperti ini saya tidak menunggu lama, setelah panen jagung panen cabai," ungkap Kaskonah, kepada blokTuban.com.

Selain itu, hal ini juga untuk mengantisipasi musim penghujan berakhir, karena di kawasan desa tersebut saat musim kemarau tidak ada air untuk irigasi.

Petani lain yang berada di Dusun Secang, Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Sumiati (42), membenarkan hal tersebut, apabila cabai ditanam waktu panen jagung nanti keburu masuk musim kemarau, berhubung tanaman cabai membutuhkan air yang cukup, para petani menanam cabai pada saat jagung masih kanthek atau belum berisi penuh.

"Berhubung di Desa Ngandong belum ada irigasi, para petani mempercepat tanam cabai," kata istri Dasrun tersebut. [hud/rom]