Berhadiah Kambing, Pemilih Desa Kradenan Tetap Minim

Reporter: M. Yazid

blokTuban.com - Demi memikat para pemilih untuk menggunakan hak suaranya dan menekan angka golput, berbagai upaya dilakukan oleh panitia, seperti di Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, terutama TPS 1 di daerah setempat, menyediakan puluhan hadiah untuk warga yang telah mencoblos. Namun antusias pemilih di daerah yang berada di pesisir pantai itu masih tetap minim.

Terbukti dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 640 pemilih, terbagi 320 laki-laki dan 320 perempuan, hanya 465 pemilih saja yang hadir. Jumlah pemilih tersebut terbagi, untuk pasangan urut satu mendapat 239 suara, sedang untuk pasangan nomor urut dua mendapat 190 suara dan 36 suara tidak sah.

"Sebenarnya hadiah bagi pemilih ini untuk menekan angka golput (golongan putih atau tidak mencoblos)," kata ketua KPPS di TPS 1, Suwasrip.

Lelaki berusia 36 tahun itu mengaku, undian berhadiah utama seekor kambing tersebut, baru pertama dilaksanakan. Pasalnya saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) beberapa waktu lalu tidak ada hadiahnya.

Meskipun hanya sedikit yang hadir, ia mengklaim kalau antusias pemilih di TPS tersebut masih bagus. "Dulu antusias pemilih bagus, cuma hanya kemungkinan akan timbulnya golput," tandasnya.

Sementara itu, sangat disingggung hasil pembiayaan hadiah, ia mengaku kalau undian kambing berasal dari pemerintah desa. Sedangkan hadiah lain-lainnya dari KPPS.

Nampak dari pantauan blokTuban.com, di depan pintu masuk TPS tersebut ada seekor kambing berbulu putih. Selain itu saat memasuki TPS, diatas meja juga terdapat tumpukan hadiah yang dibungkus kertas. Tidak hanya itu, diterop yang digunakan juga diberi beberapa burung berbagai jenis yang berkicau selalu, guna menarik minat warga untuk datang ke TPS. [zid/mu]