Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Cerita dari Pesantren

Ngepel Habis Subuh

Ini masih kisah tentang Zaid, tokoh santri kita yang bandel, namun pintar. Para santri yang harus bangun setiap menjelang Subuh, tak dihiraukan oleh Zaid. Untuk menghindari hukuman dari pengurus pondok, dia sembunyi di kompleks lain. Dan sejauh itu dia masih aman.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi'in

Ambisi Jadi Pemimpin 

Tahun 2018 dan 2019 adalah tahun politik. Kita akan mengikuti pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, kemudian memilih anggota DPRD, DPR RI, DPD, dan Presiden di tahun selanjutnya.   

Cerita dari Pesantren

Petunjuk Sang Kiai

Galau. Begitulah yang banyak dialami para siswa yang menjelang lulus. Jika lulus SMP sederajat galau ingin melanjutkan ke mana. Apalagi siswa setingkat SMA dan sederajat kegalauan yang dirasakan semakin besar.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Kepemimpinan 

Hukum Allah atau Sunnatullah telah menetapkan, bahwa dalam setiap bentuk makhluk yang diciptakan, pasti ada yang memimpin dan ada yang dipimpin. Ada yang mengatur dan ada yang diatur. Hal itu agar pemikiran-pemikiran tidak tumpang tindih dan keinginan-keinginan tidak simpang-siur, yang mengakibatkan keretakan kerukunan, putus tali kasih sayang, pudar persatuan, dan perselisihan.  

Cerita dari Pesantren

Shampo Oh Shampo

Ini lagi-lagi kisah tentang keusilan dan kejahilan Zaid, tokoh santri kita pada santri lain. Dan, kejahilan-kejahilan semasa masih di pesantren itu, ternyata membuat hubungan kekeluargaan Zaid dengan santri lain tetap akrab. Murni jahil, ngerjain tanpa bermaksud jahat. Meski tak jarang sangat keterlaluan kejahilan yang dilakukan.  

Hukum Memakai Celak , Lipstik dan Make-Up Ketika Puasa

Lipstik dan make-up modern termasuk benda kontemporer. Bagaimana jika dipakai? Apakah membatalkan puasa? Demikian juga celak, hal ini diperselisihkan oleh ulama apakah membatalkan puasa atau tidak.

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Kemauan

Syekh Musthafa Al-Ghalayani di dalam kitab Idhotun Nasyi'in mengatakan, dirinya belum pernah melihat seseorang yang meneguhkan kemauannya untuk mencapai sesuatu, kecuali sesuatu itu pasti tercapai. Tidak ada juga seorang yang bersungguh-sungguh menggapai sesuatu melainkan dia berhasil mencapainya.  

Cerita dari Pesantren

Direstui Bu Nyai

Lazimnya anak muda, saat di sekolah jenjang SMA sudah mulai kenal  pacaran. Termasuk Zaid tokoh santri kita yang mondok di sebuah pesantren di Tuban ini. Zaid yang duduk di bangku Madrasah Aliyah (MA) yang setingkat SMA juga punya pacar.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Macam-macam Kemerdekaan atau Kebebasan

Kemerdekaan atau kebebasan itu ada beberapa macam. Antara lain kemerdekaan individu, berorganisasi, ekonomi, dan politik. Suatu bangsa tidak mungkin berdiri kokoh tanpa kemerdekaan atau kebebasan dalam empat bidang tersebut.  

Cerita dari Pesantren

Mandi Sampah

Umumnya mandi adalah memakai air. Namun tidak dengan Zaid, tokoh santri kita yang jahil ini. Sebab, dia dan kawan-kawan pernah mandi sampah. Loh kok bisa?