Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Puncak Haul Sunan Bonang Ke-510

Bupati Ajak Masyarakat Teladani Sunan Bonang

Pengajian umum dalam rangka acara puncak Haul Ke-510 Syeikh Maulana Makhdum Ibrahim (Sunan Bonang) diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Tuban, Kamis (5/9/2019) malam.

Kemenag Gandeng Pemda, Ukur Arah Kiblat Musala dan Kamar Hotel

Dalam rangka persiapan dan untuk mensukseskan perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXVIII Tk. Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Tuban pada bulan Oktober 2019 mendatang. Selasa, (3/9/2019), Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban bersama Pemerintah Kabupaten Tuban dan pihak hotel se - Kabupaten Tuban, melaksanakan pembahasan teknis pelaksanaan pengukuran arah kiblat pada musholla dan kamar hotel di wilayah Tuban.

4 September Jamaah Haji Asal Tuban Berangkat ke Madinah

Setelah selesai menjalankan semua rukun wajib haji, sebanyak 880 jamaah haji asal Kabupaten Tuban direncanakan berangkat ke Kota Madinah untuk melaksanakan Sunnah Arbain dan ziarah ke Makam Rasulullah SAW.

Esensi Sedekah Bumi dan Semarak Kemerdekaan Desa Rengel

Semarak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 kali ini, oleh segenap warga Desa Rengel menjadi sebuah momentum spesial. Sebab pada setiap tahun pada bulan yang sama, giat semarak kemerdekaan selalu diikuti dengan sedekah bumi atau bersih desa.

Sembahyang Rebutan

Persembahan untuk Arwah yang Terlupakan

Yatun,55, memegang erat kantung plasti merah menyala di atas bangku panjang itu. Kantung itu berisi nasi dalam bak plastic kecil. Ada juga garam dan beberapa makanan kecil.

Nelayan Tuban Larung Bekakak, Ini Filosofinya

Larung sesaji atau sedekah laut menjadi warisan lintas generasi bagi nelayan di Indonesia. Sedekah dengan melarung bekakak dan Kyai Mancung tersebut, dilaksanakan sesuai hitungan kalender Jawa.

Ritual Kyai Mancung di Tuban, Dulu Kerbau Kini Sapi

Kabupaten Tuban dengan panjang pantai 65 Kilometer membentang dari Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo dan Bancar, memiliki beragam tradisi. Khususnya di kampung nelayan di pusat Kota, dikenal ritual Kyai Mancung.

Idul Adha, DPC PDIP Tuban Sembelih 2 Ekor Sapi

Merayakan momen Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tuban menyembelih dua ekor sapi pada Minggu, 11 Agustus 2019.