KGBN Tuban Gelar Temu Pendidik Nusantara XI

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Tuban menyelenggarakan Temu Pendidik Nusantara (TPN) XI pada hari Minggu, 14 Juli 2024. Acara ini diselenggarakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban dan diikuti oleh ratusan guru dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro. 

TPN XI mengangkat tema "Pemimpin Pendidikan Berdaya" dengan tujuan untuk memperkuat kompetensi kepemimpinan guru dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Tuban. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik, antara lain talkshow pendidikan, berbagi praktik baik oleh beberapa narasumber, dan Cerdas Cermat Guru (CCG). 

Dalam talkshow, hadir beberapa narasumber, yaitu Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Timur; Abu Khaer, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban; Abdul Rakhmat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban; Umi Kulsum, dan perwakilan dari Yayasan Guru Belajar; Sari Pratiwi, serta Ketua KGBN Tuban Eva Septiana Rahayu. 

Acara TPN XI juga dihadiri oleh perwakilan dari organisasi profesi guru, seperti PGRI, IGI, dan Pergunu. Mereka turut memberikan apresiasi kepada KGBN Tuban atas dedikasinya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tuban.

Kepala BBGP Jatim, Abu Khaer sangat mengapresiasi TPN XI ini. Pihaknya berharap para guru dapat terus belajar dan mampu mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.

"Semoga bermanafaat untuk para murid dan kualitas pendidikan semakin meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Abdul Rakhmat menekankan pentingnya guru untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak untuk bergerak bersama memajukan pendidikan di Tuban.

"Sinergi dan selalu upgrade adalah kunci mendidik murid," tandasnya.

Senada dengan Pak Rakhmat, Kepala Kemenag Tuban, Umi Kulsum juga meminta guru untuk terus meningkatkan kompetensinya sebagai pemimpin pembelajaran. Setiap guru harus mampu membawa murid menjadi generasi unggul, beriman dan bertaqwa serta berkepribadian luhur.

"Kesempatan ini harus dimanfaatkan betul oleh para guru," pinta Umi.

Ketua KGBN Tuban, Eva Septiana Rahayu berharap TPN XI dapat menjadi wadah bagi para guru untuk saling belajar dan berbagi pengalaman. Pihaknya juga mendorong para guru untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Tuban.

"Forum ini sangat pas untuk berinovasi, semoga ada sesi selanjutnya yang berkelanjutan," pungkasnya.[rof/]