Menyusul, Enam Jemaah Haji Tuban Gabung Kloter 42 Gresik

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban memberangkatkan enam Calon Jemaah Haji (CJH) pada Selasa (22/05) pukul 02.30 WIB. 

Kepala Kemenag Umi Kulsum memimpin keberangkatan dari Kantor Kemenag Tuban menuju embarkasi Surabaya, bergabung dengan kloter 42 dari Kabupaten Gresik.

Umi Kulsum menyebutkan, enam CJH tersebut berasal dari Kecamatan Senori, Plumpang, dan Semanding, masing-masing dua orang. Mereka adalah jemaah yang keberangkatannya tertunda karena visa belum selesai dan telah mampu melunasi biaya haji. 

"Alhamdulillah bisa dan pelunasan sudah beres. Sehingga bisa berangkat ke Tanah Suci, katanya. 

Enam CJH ini akan berangkat ke Tanah Suci pada Selasa siang. "Istirahat dulu di asrama haji sebentar, terus siang langsung ke bandara menuju Madinah," tambah Umi.

Dalam sambutannya, Umi Kulsum berdoa dan berharap agar para CJH menjaga kesehatan sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar di Tanah Suci.

Ia menambahkan, enam CJH ini adalah bagian dari persiapan antisipatif Kemenag Tuban menghadapi kemungkinan kuota tambahan. Keberangkatan mereka bersama kloter 42 diharapkan memastikan seluruh kuota haji dari Kabupaten Tuban terpenuhi dengan baik.

Sebelumnya, 1.157 CJH asal Kabupaten Tuban diberangkatkan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, didampingi Kepala Kemenag Tuban Umi Kulsum dan Forkopimda. CJH susulan tersebut berangkat ke Asrama Haji Surabaya dari Pendopo Krida Manunggal. 

CJH dari Kabupaten Tuban terbagi dalam kloter 11, 12, 13, dan 14. Khusus kloter 14, CJH asal Kabupaten Tuban akan bergabung dengan CJH dari Kota Batu dan Kota Surabaya. [Dwi/Ali]