Tak Perlu Ngoyo, 7 Olahraga Ringan Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Oleh: Dwi Rahayu 

 

bloktuban.com - Terdapat beberapa jenis olahraga ringan masih dapat membantu Anda menurunkan berat badan jika dilakukan secara teratur. 

Misalnya berjalan kaki, yoga, bersepeda santai, berenang, dan pilates adalah contoh olahraga ringan yang dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

Meskipun intensitasnya tidak sekuat olahraga yang lebih intens, konsistensi dalam melakukan olahraga ini masih dapat memberikan manfaat untuk penurunan berat badan Anda.

Selain meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan ideal juga dapat menurunkan risiko seseorang terserang berbagai penyakit. 

Sehingga tak heran apabila banyak orang ingin mengetahui jenis-jenis olahraga menurunkan berat badan dan  menghilangkan lemak-lemak di tubuh.

Terdapat beberapa pilihan olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, aktivitas ini juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya agar hasilnya maksimal.

Terdapat beberapa rekomendasi olahraga menurunkan berat badan yang bisa dilakukan di rumah, antara lain:

 

1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu pilihan olahraga menurunkan berat badan yang mudah untuk dilakukan. Olahraga ini tidak memerlukan perlengkapan khusus, bahkan bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Perlu diketahui bahwa berjalan kaki selama 30 menit mampu membakar kurang lebih sebanyak 167 kalori. Setelah terbiasa melakukannya, Anda dapat meningkatkan durasinya. Semakin lama durasi berjalan kaki, maka semakin  banyak kalori yang terbakar.

 

2. Bersepeda

Sepeda tidak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi, bersepeda juga bisa dijadikan sebagai pilihan olahraga menurunkan berat badan. Pasalnya, bersepeda selama 30 menit di luar rumah mampu membakar sekitar 280–360 kalori.

Apabila tidak ingin keluar rumah, kini telah tersedia jenis sepeda statis sebagai alternatifnya. Latihan dengan sepeda statis selama 30 menit diketahui dapat membakar sekitar 250–280 kalori.

 

3. Lompat Tali

Lompat tali adalah gerakan olahraga untuk menurunkan berat badan yang dapat dicoba di rumah. Meski terlihat sederhana, namun olahraga ini rupanya memiliki efektivitas pembakaran kalori yang kurang lebih sama dengan lari santai.

Lompat tali dengan intensitas ringan selama 30 menit diketahui dapat membakar sekitar 128 kalori. Sementara itu, lompat tali yang dilakukan dengan intensitas berat dan durasi yang sama dapat membakar hingga 421 kalori.

Akan tetapi, jika baru pertama kali mencoba lompat tali, mulailah dengan durasi singkat selama 5 menit dan berikan jeda istirahat. 

 

4. Berenang

Olahraga menurunkan berat badan berikutnya adalah berenang. Berenang terkenal sebagai olahraga yang cukup menyenangkan. Bahkan, selain bisa menurunkan berat badan, olahraga ini juga dapat membantu meringankan rasa cemas atau stres.

Olahraga renang dengan gaya punggung selama 30 menit diketahui dapat membakar sekitar 298 kalori. Sementara itu, renang gaya bebas bisa membakar 372 kalori, dan gaya kupu-kupu sebanyak 409 kalori dengan intensitas dan durasi yang sama.

 

5. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan pilihan workout untuk menurunkan berat badan dengan diiringi musik. Olahraga ini merupakan pilihan tepat apabila Anda menyukai jenis olahraga seru yang bisa dilakukan bersama teman-teman.

6. Yoga

Salah satu olahraga di rumah untuk menurunkan berat badan adalah yoga. Meski terkenal akan manfaatnya terhadap kesehatan mental, rupaya yoga juga mampu membakar kalori tubuh. Pasalnya, melakukan yoga selama kurang lebih 40 menit dapat membakar sekitar 149 kalori.

Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda dapat mengontrol tubuh dan hawa nafsu, salah satunya hawa nafsu untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat atau makan berlebihan. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda dalam mengatur pola makan ketika diet.

 

7. Pilates

Pilates adalah olahraga menurunkan berat badan yang gerakannya mirip dengan yoga, namun lebih modern. Sebagai bentuk latihan fisik yang berfokus pada rehabilitasi dan penguatan tubuh, pilates mengombinasikan serangkaian gerakan lambat dan pernapasan dalam.

 

Bagi pemula, latihan pilates dapat dilakukan selama 30 menit. Durasi tersebut sudah bisa membakar kalori sebanyak 180 kkal. Sementara itu, latihan lanjutan dengan durasi lebih lama dapat membakar kalori hingga 168 kkal.

 

Itulah beberapa rekomendasi olahraga ringan ya g dapat membantu menurunkan berat badan. Selamat mencoba.