303 Catin di Tuban Akan Menikah di Malam Songo, 4 Pasangan Masih di Bawah Umur

Reporter : Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau 2024 Masehi, terdapat tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, termasuk Kabupaten Tuban. 

 

Dimana, banyak calon pengantin (Catin) yang melangsungkan akad nikah pada malam 29 Ramadan atau malam songo, yang jatuh pada Senin (8/4/2024) mendatang. 

 

Kasi Humas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Mashari mengungkapkan sampai hari ini, tercatat ada 303 Catin yang telah mendaftarkan dirinya untuk melangsungkan pernikahan di malam songo. 

 

"Kami menyiapkan 29 penghulu yang siap menikahkan 303 Catin di malam songo nanti," terangnya, Kamis (4/4/2024). 

 

Menurutnya, dari ratusan Catin yang sudah mendaftarkan diri di Kemenag Tuban, terdapat empat Catin yang masih di bawah umur.

 

Adapun empat pasangan tersebut, berasal dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kerek tiga calon, dan 1 calon suami lainnya berada di KUA Soko. 

 

Lebih lanjut, Matahari menambahkan jika jumlah Catin yang menikah pada malam songo tahun ini, cenderung lebih menurun dibandingkan tahun kemarin, yaitu sebanyak 353 pasangan. 

 

"Ada penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 353 orang, artinya mengalami penurunan sebanyak 50 pasangan," imbuhnya. [Sav/Dwi]