Update Gempa Bumi: Dua Kali Gempa Guncang Wilayah Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat dua gempa bumi mengguncang wilayah Tuban, Jawa Timur, pada hari Jumat (01-Apr-24). 

Gempa pertama, berkekuatan magnitudo 4.7, terjadi pada pukul 17:26:26 WIB dengan pusat gempa berada di laut 141 km Timur Laut Tuban dan kedalaman 10 km. Gempa ini dirasakan pada skala MMI II-III di Bawean. 

Belum lama setelahnya, gempa kedua dengan kekuatan magnitudo 3.6 terjadi pada pukul 18:45:51 WIB dengan pusat gempa berada di laut 115 km Timur Laut Tuban dan kedalaman 10 km. 

Meskipun kedua gempa tersebut terjadi dalam rentang waktu yang cukup singkat, hingga saat ini belum ada laporan resmi tentang kerusakan atau korban akibat gempa ini.

BMKG juga mengingatkan bahwa informasi ini diprioritaskan untuk kecepatan, sehingga hasil analisisnya belum stabil dan bisa berubah sejalan dengan data tambahan yang diperoleh.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap informasi resmi dari BMKG maupun instansi terkait lainnya. [Ali/Dwi]