Jawa Timur Catat Rekor Sambaran Petir Selama Maret 2024

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Bulan Maret 2024 menjadi saksi dari lonjakan dramatis dalam aktivitas sambaran petir di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Data yang dirilis oleh BMKG Kelas II Pasuruan mencatat bahwa selama periode tersebut, terjadi total 336.165 sambaran petir.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 126.660 sambaran termasuk dalam kategori Cloud to Ground positif (CG+), sementara 122.356 sambaran lainnya adalah Cloud to Ground Negatif (CG-). Jenis sambaran petir lainnya adalah Intra/Inter Cloud, yang terjadi sebanyak 87.149 kali.

Petir jenis CG- adalah sambaran yang bercabang seperti akar serabut, sedangkan CG+ adalah sambaran yang tidak bercabang dan terfokus, biasanya lebih terang karena energinya terkumpul. 

Sementara itu, sambaran Intra/Inter Cloud adalah sambaran petir yang terjadi antara awan atau di dalam awan.

Menariknya, Kabupaten Pasuruan menjadi pusat dari aktivitas sambaran petir selama bulan Maret 2024. Sambaran petir ketiga jenis, baik CG positif, CG negatif, maupun intra/inter cloud, tercatat paling banyak terjadi di wilayah ini. 

Dengan lonjakan aktivitas sambaran petir yang signifikan ini, BMKG terus mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bahaya yang dapat ditimbulkan oleh petir. [Ali/Dwi]