Ini Poin Yang Dibahas Dalam Musrenbang Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban mengadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 di Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menjelaskan jika penyelenggaraan Musrenbang Tahun 2024 tersebut, guna membahas penyusunan RPJPD Kabupaten Tuban Tahun 2025-2045 dan RKPD Tahun 2025. 

"Kita mengundang dari seluruh elemen masyarakat yang mewakili kearifan lokal dari masyarakat Kabupaten Tuban, kurang lebih dihadiri 300-500 orang," jelasnya saat ditemui seusai kegiatan, Selasa (26/3/2024). 

Dalam Musrenbang kali ini, terdapat beberapa poin penting yang dibahas, guna melakukan penyelarasan antara pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten. Sebab terdapat aturan baru Inmindagri yang mengharuskan linier secara keseluruhan. 

"Sebagai contoh, kata-kata seperti "majukan" dan "berkelanjutan" harus dimasukkan dalam visi tersebut, sejalan dengan target Indonesia Emas 2025-2045 yang telah disesuaikan dengan presiden terpilih," Imbuhnya. 

Hal tersebut, lanjutnya, diharapkan pada saat Indonesia genap berusia 100 tahun, capaian atau akselerasi tersebut sudah dapat diwujudkan. 

Lebih lanjut, dari seluruh rencana yang dibahas, orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini menambahkan jika Kabupaten Tuban melakukan percepatan. Artinya, seluruh kebijakan yang seharusnya berlaku pada tahun 2025 dalam taraf penyesuaian. 

"Namun, kita telah mengambil langkah-langkah dan akan melaksanakannya pada tahun 2025. Jadi masih sama, fokusnya kita di 2025 ini di ketahanan pangan dan pasar untuk tingkat nasional dan Industri," katanya. 

Sekedar diketahui, dalam Musrenbang kali ini, Pemkab Tuban telah menyaring enam penanya, dan pada sesi terakhir seluruh peserta diminta untuk menuliskan seluruh aspirasinya untuk diusulkan kepada Pemkab Tuban. [Sav/Ali]