Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan : Hargai Perbedaan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sekitar dua bulan lagi, umat muslim akan memasuki Bulan Suci Ramadan. Di mana, awal Bulan Ramadan 2024 akan dimulai pada Bulan Maret mendatang. 

Lantas, kapan tanggal pasti awal Bulan Ramadan tahun ini? Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan awal Bulan Suci Ramadan jatuh pada 11 Maret 2024. 

Hal tersebut, sesuai dengan hasil hisab hakiki wujudul hilal, yang dipedomani oleh majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

Kabar tersebut, rupanya juga dibenarkan oleh Sekretaris PDM Tuban, Edi Utomo. Menurutnya, awal Bulan Suci Ramadan tahun ini jatuh pada awal Bulan Maret 2024 nanti. 

"Iya benar mbak, sudah ditetapkan bahwa awal bulan puasa jatuh pada 11 Maret," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (28/1/2024). 

Hal tersebut, terjadi lantaran saat matahari terbenam pada 29 Syakban 1445 Hijriah atau 10 Maret 2024 Masehi di wilayah Indonesia, bulan berada di atas ufuk atau hilal sudah wujud. Kecuali di wilayah Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan juga Papua Barat Daya. 

Oleh karena itu, PP Muhammadiyah menetapkan bahwa di wilayah Indonesia, 1 Ramadan jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. 

Menurut Edi, sapaan akrabnya jika perbedaan dalam penentuan awal Ramadan maupun Syawal merupakan hal yang biasa terjadi di masyarakat, sehingga ini bukan hal yang asing lagi bagi mereka. 

"Perbedaan dalam penentuan awal Ramadan maupun awal Syawal itu hal yang biasa dan masyarakat semakin dewasa menyikapi hal ini," paparnya. 

Dengan demikian, ia meminta kepada masyarakat untuk tetap berjalan sesuai dengan keyakinan masing-masing, sehingga tidak saling mencela satu sama lainnya. 

"Kita pertebal saja kesamaan dan kurangi melihat perbedaan," tuturnya. [Sav/Ali]