Musim Rambutan! Simak Sederet Manfaatnya Bagi Kesehatan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat ini banyak dijumpai pedagang buah yang menjajakan rambutan. Faktanya daging buah rambutan bukan hanya terasa lezat, tetapi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Dikutip dari laman Alodokter dalam buah rambutan terkandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun perlu diingat mengkonsumsi rambutan tetap dalam batas wajar.

Seperti buah lainnya, rambutan mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam 100 gram buah rambutan, terdapat sekitar:
70 kalori
0,9 gram protein
18 gram karbohidrat
0,8–1 gram serat
15 miligram kalsium
15 miligram fosfor
0,5 miligram zat besi
15 miligram natrium
110 miligram kalium
60 miligram vitamin C

Selain nutrisi di atas, buah rambutan juga mengandung sederet manafaat lainnya yaitu:

1. Sumber Nutrisi. Rambutan mengandung vitamin C, vitamin A, serat, zat besi, kalsium, fosfor, dan potassium. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Antioksidan. Rambutan mengandung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mendukung kesehatan sel-sel tubuh.

3. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Kandungan vitamin C dalam rambutan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

4. Mengatur Tekanan Darah. Potassium dalam rambutan dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mengatur tekanan darah, yang dapat mendukung kesehatan jantung.

5. Pencernaan yang Sehat. Serat dalam rambutan dapat membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit.

6. Menyehatkan Kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit, melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas, dan mempromosikan produksi kolagen.

7. Meningkatkan Energi. Kandungan gula alami dalam rambutan dapat memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan, termasuk rambutan, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meskipun rambutan memiliki manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan seimbang dan sehat secara keseluruhan.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS