Mau Ajukan KIP Kuliah 2024? Cek Dulu Apakah Masuk DTKS Kemensos

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bagi mahasiswa yang akan mengajukan Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah 2024 penting mengetahui bagaiamana cara mengecek Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pasalnya mengajuka KIP Kuliah mahasiswa untuk mendapatkan program bantuan pendidikan atau menjadi Penerima Manfaat (PM) dari pemerintah butuh tercatat di DTKS yang beradsa di bawah Kementerian Sosial (Kemensos).

DTKS Kementerian Sosial merupakan data induk yang berisi data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). 

Pengertian dari DKTS yakni basis data Kemensos yang memuat kategori penduduk miskin dan rentan misin di Indonesia dan digunakan sebagai acuan dalam pemberian bantuan sosial yang bersumber dari APBN dan APBD.

Cara Cek Data DTKS Kemensos

Berikut ini bagaimana cara melakukan pengecekan data DTKS untuk mendapatkan beragam bantuan pemerintah yang disalurkan melalui Kementerian Sosial. 

1. Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ 
2. Isi informasi wilayah penerima manfaat (provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan) 
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
4. Isi kode captcha yaitu 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode yang ditampilkan 
5. Klik tombol "Cari Data" 
6. Hasil pencarian akan menampilkan nama penerima manfaat berdasarkan wilayah yang diinput. Jika masyarakat terdaftar di DTKS, maka informasi mengenai bansos yang didapatkan akan muncul.


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS