Permintaan Darah Meningkat di Tahun 2023, Per Hari Capai 50 Kantong 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dalam kurun waktu satu tahun, Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI), Kabupaten Tuban mencatat bahwa permintaan darah di Bumi Wali Tuban meningkat. 

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Humas PMI Tuban, Sardju Effendi. Menurutnya, pada tahun 2023 ini permintaan darah di PMI Tuban lebih meningkat dibandingkan sebelumnya. 

"Iya mbak untuk permintaan darah ditahun 2023 ini ada peningkatan. Dari tahun sebelumnya," ungkapnya blokTuban.com, Selasa (2/1/2024). 

Menurutnya, peningkatan permintaan darah tersebut, disinyalir lantaran Pandemi Covid-19 yang telah berakhir. Sehingg tidak ada lagi pemberlakuan penyekatan dan pengurangan aktivitas, sehingga permintaan meningkat. 

baca juga:

Bahkan, pria yang akrab disapa Sardju ini mengaku rata-rata permintaan darah di Kantor PMI Tuban kurang lebih 40 hingga 50 kantong darah dalam satu hari. 

"Rata-rata sehari 40-50 kantong darah mbak," sambungnya. 

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa permintaan darah oleh masyarakat tersebut, kebanyakan digunakan sebagai pengobatan, anemia maupun terapi penyakit dalam. 

Meski permintaan meningkatkan, namun pria ramah ini mengungkapkan jika pihaknya tidak pernah kekurangan stok darah, lantaran stok darah yang jug melimpah. 

"Alhamdulillah sejauh ini masih bisa memenuhi mbak, bahkan kantong darah seringkali overload," tandasnya. [Sav/Dwi] 


Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS