Sederet Layanan Khusus Ribuan Pemilih Disabilitas pada Pemilu 2024 di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, telah menyiapkan berbagai layanan khusus yang diperuntukkan bagi para pemilih disabilitas pada gelaran pesta rakyat Tahun 2024 mendatang. 

Diketahui, pada Pemilu 2024 nanti terdapat kurang lebih 3.789 pemilih disabilitas yang tersebar di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Tuban. 

Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan mengaku bahwa nantinya pihaknya akan memberikan layanan khusus bagi para pemilih disabilitas tersebut. Salah satunya ialah dengan menyediakan sarana pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ramah disabilitas. 

"Tentunya kamu akan memberikan layanan khusus, dantaranya nanti di tiap TPS akan disediakan temlate huruf braille untuk tuna netra," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (12/12/2023). 

Selain itu, pria yang akrab disapa Iksan ini mengatakan pada praktiknya nanti, pihaknya juga akan membuat atau mendesign TPS yang mudah diakses oleh disabilitas. Baik dari segi pemilihan lokasi, maupun pintu masuk TPS yang didesign lebar. 

Dengan kebijakan tersebut, maka diharapkan dapat memudahkan akses para pemilih disabilitas untuk memasuki TPS pada saat menyalurkan hak suaranya. 

"Nantinya dalam pembuatan TPS juga akan didesain TPS yang aksesibilitas, sehingga para pemilih disabilitas mudah memasuki TPS," katanya. 

Untuk memudahkan hal tersebut, Iksan juga mengaku telah melakukan sosialisasi kepada pemilih disabilitas, terkait layanan khusus yang diberikan oleh KPU Tuban. 

Dengan demikian, maka ia berharap agar semua pemilih, termasuk pemilih disabilitas dapat turut berpartisipasi untuk datang ke TPS setempat, untuk menyalurkan hak pilihnya sebagai Warga Negara Indonesia. 

"Sosialisasi sudah kita lakukan minggu kemaren, baru saja kita sosialisasi ke Orbit Tuban atau organisasi disabilitas yang ada di Tuban," imbuhnya. [Sav/Ali]