Musim Pancaroba, BMKG Tuban: Waspada  Bencana Hidrometeorologi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada masa peralihan musim atau musim pancaroba, masyarakat diminta untuk mewaspadai dan bersiap terhadap adanya bencana hidrometeorologi yang berpotensi melanda Kabupaten Tuban. 

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan jika terdapat beberapa kemungkinan bencana hidrometeorologi yang patut diwaspadai pada masa pancaroba dan awal musim penghujan 

"Masyarakat juga harus waspada cuaca buruk pada masa pancaroba, seperti hujan deras disertai angin kencang," katanya kepada blokTuban.com, Rabu (8/11/2023). 

Bukan hanya itu saja, Zem sapaan akrabnya juga menjelaskan bencana hidrometeorologi yang patut diwaspadai lainnya, ialah adanya hujan deras disertai petir, hujan disertai es, dan angin kencang ataupun angin puting beliung. 

Selain itu, bencana lain yang memungkinkan bisa terjadi yaitu waterspout atau pitinh beliung yang terjadi di kawasan perairan. 

"Angin puting beliung juga bisa terjadi di waduk atau embung, sehingga masyarakat harus waspada," paparnya. 

Dengan demikian, maka peria ramah ini menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, apabila terjadi bencana hidrometeorologi dalam posisi berkendara, baik mobil ataupun sepeda motor, maka disarankan untuk segera menepi dan mencari tempat yang aman untuk berteduh. 

Meski begitu, masyarakat tidak diperbolehkan untuk berteduh di bawah pohon ataupun bangunan yang semi permanen, karena dapat berpotensi roboh saat terjadinya angin. 

"Disisi lain hendaknya masyarakat juga menghindari berteduh di bawah pohon, baliho ataupun bangunan semi permanen," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS