Pola Tidur Manusia, dr Zaidul Akbar: Mengikuti Ritme Matahari dan Berpedoman Kebiasaan Rasulullah

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Mengatur pola tidur yang baik akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Ahli kesehatan yang dikenal sebagai pakar obat herbal, dr Zaidul Akbar mengungkap waktu tidur terbaik sesuai pola hidup Nabi Muhammad SAW.

Melalui kanal YouTube dr Zaidul Akbar, berikut penjelasan tentang hal yang perlu dihindari ketika malam hari agar bangun tidur bisa langsung segar.

Terlebih dahulu dr Zaidul Akbar menjelaskan bahwa tubuh manusia itu sebenarnya dirancang untuk mengikuti ritme kerja matahari.

"Dari situ kita belajar bahwa ternyata hormonnya manusia itu bekerja sesuai dengan ritmenya matahari. Matahari muncul maka yang keluar hormon jenis simpatik ya," lanjutnya.

Sehingga ketika malam hari maka ada perubahan cara kerja tubuh manusia, malam adalah waktu untuk beristirahat.

"Ketika matahari tenggelam, maka disitu disuruh istirahat sama Allah," kata dr Zaidul Akbar.

Dari sinilah dr Zaidul Akbar menyebutkan bahwa malam hari bukanlah waktu yang tepat untuk makan, apalagi jika yang dikonsumsi cukup banyak.

"Jadi malam bukan waktu yang tepat untuk makan, kalau mau sehat nanti malam jangan makan berat seperti makan siang. Malam itu biarkan tubuh kita bekerja untuk mengistirahatkan enzim hormon sistem kita, organ kita," ungkap dr Zaidul Akbar.

Menurut dokter sekaligu spenggagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini mengatakan, waktu tidur malam yang paling baik adalah setelah shalat Isya.

"Nabi SAW ba'da (setelah) Isya tidur, malam nanti bangun, ternyata barulah sains sekarang menunjukkan bahwa mulai dari Isya sampai jam 12, jam 1 mulai terjadi pick," kata dr Zaidul Akbar dikutip Serambinews.com dari kanal YouTube Bisikan.com, Rabu (14/12/2022).

Sambung dr Zaidul Akbar, pada pukul 1 dini hari, mulai terjadi growth hormon pada tubuh. Growth hormon yang meningkat nantinya akan membakar lemak.

"Satu pick penaikan atau kenaikan satu hormon dikenal dengan growth hormon," sambung dr Zaidul Akbar.

Dengan catatan mengurangi makan berat di waktu malam. Menghindari makan malam menurut dr Zaidul Akbar dapat membuat tubuh jadi lebih sehat.

"Sehingga indikatornya kalau orang tidurnya baik maka otomatis bangun tidurnya pasti akan seger," ungkap dr Zaidul Akbar.

Lanjutnya, Rasul mengajarkan, ba'da Isya beliau tidur, begitu polanya, terus nanti malam bangun.

"Cobain deh kalau anda makan abis Isya atau mungkin magrib lah, makan agak banyak, itukan untuk bangun malamnya berat, apalagi yang dimakan yang nasi goreng, sate, cilok, seblak, gorengan," sambungnya.(*)

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS