Kenalkan Kegunaan Anyaman Sejak Dini, Puluhan Siswa di Kebomlati Berkreasi Dari Bambu

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Puluhan siswa-siswi yang duduk dibangku Taman Kanak-kanak (TK) PKK Kebomlati, terlihat asyik membuat sebuah kreasi yang berasal dari bambu, dengan sesekali melempar candaan bersama dengan teman sebayanya. 

Kepala Sekolah (Kepsek) TK PKK Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Wiwik Nurul Qomariyah mengatakan jika kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 

Dimana, kegiatan ini dilakukan selama berhari-hari berturut-turut, dengan tema yang berbeda-beda. Seperti halnya mengenalkan jenis-jenis anyaman bambu, berkunjung ke pohon bambu yang berada di sekitar rumah warga, serta berkunjung ke Pokdarwis setempat untuk melihat proses membelah dan juga membersihkan bambu. 

baca juga:

Penguatan P5, Siswa SD dari Bojonegoro Belajar Bikin Anyaman Bambu di Desa Kebomlati Tuban

"Ini adalah rangkaian dari kegiatan P5 kami. Disini kami juga mengajak anak-anak kami untuk menganyam bambu dan menjadikannya besek pindang, menonton vide pembuatan kipas motif semangka, layang-layang ataupun besek pindang," katanya kepada blokTuban.com, saat ditemui Selasa (24/10/2023). 

Setelah melakukan beberapa rangkaian kegiatan, lanjutnya, maka yang terakhir yaitu memamerkan hasil karya yang telah dibuat sebelumnya, yang juga diikuti oleh para wali murid dengan jumlah kurang lebih 50 peserta. 

Selain mengenalkan manfaat bambu kepada anak sejak dini, Wiwik sapaan akrabnya mengaku jika kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan kemandirian, dengan mengajak anak mengenal, serta memahami kualitas dan minat diri yang dihadapi.

baca juga:

Unik! Warga Tuban Arak Gunungan dari Kerajinan Anyaman Bambu Semarakkan HUT RI Ke-78

Disisi lain, juga untuk mengembangkan Kreativitas dengan mengajak anak untuk menghasilkan karya yang orisinil. 

"Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran atau perasaannya dalam bentuk karya membuat kreasi dari bambu (anyaman besek pindang) juga menjadi tujuan kami," bebernya. 

Dengan demikian, perempuan ramah tersebut berharap dengan diadakannya kegiatan ini, dapat menambahkan daya kreativitas dalam diri anak, serta dapat lebih mengekspresikan pikiran dalam bentuk karya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS