Belum Beroperasi, Kamera ETLE di Tuban Masih Tunggu Proses Integrasi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Meski sudah terpasang di Kabupaten Tuban, namun hingga kini kamera Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) masih belum dioperasikan hingga saat ini. Padahal, kamera tersebut sebelumnya diproyeksikan beroperasi pada akhir September 2023 lalu. 

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, Yuli Imam Isdarmawan mengatakan bahwa saat ini secara fisik, peralatan dan juga server ETLE sudah siap untuk digunakan. 

"Saat ini secara sistem dan peralatan sudah ready dan sudah bisa mencapture semua pelanggaran," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (24/10/2023). 

Menurutnya, belum beroperasinya kamera ETLE di lima titik yang telah disediakan tersebut, lantaran masih menunggu proses pengintegrasian ke ETLE Nasional atau ETNas. 

baca juga:

Waspada Pengguna Jalan di Tuban, Ini 5 Jenis Pelanggaran yang Bakal Kena Tilang ETLE

Pasalnya, secara prosedural sudah dilakukan pembuatan surat oleh petugas dari Satlantas Polres Tuban, ke Polda Jawa Timur. Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Imam ini berharap pada awal November nanti Kamera ETLE sudah bisa beroperasi. 

"Mudah-mudahan di bulan November dalam rangka Hari Jadi Tuban sudah bisa beroperasi atau terintegrasi dengan ETNas," ucapnya. 

Untuk meminimalisir waktu, lanjutnya, maka pihaknya bersama dengan Satlantas Polres Tuban akan melakukan tahapan sosialisasi kepada masyarakat di Kabupaten Tuban terkait kamera ETLE yang terpasang di bundaran Letda Sucipto dan juga Simpang Tiga Rest Area Tuban. 

baca juga:

Dipasang di 2 Titik di Kabupaten Tuban, Kamera ETLE Statis Belum Bisa Beroperasi Langsung

Dengan demikian, maka Imam berharap dengan beroperasinya kamera ETLE yang dapat menjaring pelanggaran lalu lintas ini, dapat membuat masyarakat di Kabupaten Tuban lebih taat dan lebih disiplin dalam berlalu lintas. 

"Harapannya masyarakat di Kabupaten Tuban lebih taat dan berdisplin berlalu lintas, karena dari budaya disiplin berlalu lintas ini, bisa menekan angka kecelakaan dan kemacetan lalu lintas," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS