Tips Menguatkan Rasa Percaya Diri Jadi Publik Speaker

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Meningkatkan rasa percaya diri saat berbicara di depan umum adalah hal yang penting. Seperti dikatakan oleh virtualspeech.com memperkirakan 75% orang dewasa menderita ketakutan berbicara di depan umum. 

Terlebih ketika hdormon stres dilepaskan, kita mungkin berperilaku berbeda - sering kali, pikiran kita menjadi kosong, suara kita menjadi lebih sulit dikendalikan, kita mungkin terlihat gemetar dan sebagainya.

Tidka jarang seorang pembicara publik profesional pun tak luput menghadapi rasa gugup tetapi mereka memiliki teknik untuk mengatasinya. 

Ingatlah bahwa Anda tidak diundang untuk melakukan presentasi dengan tujuan untuk diejek - audiens ingin mendengar Anda berbicara. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda merasa lebih percaya diri:

1. Kunjungi tempat dan ruangan tempat Anda akan melakukan presentasi sebelumnya untuk melihat setting lokasi.

2. Pastikan Anda mencetak materi apa pun yang Anda perlukan setidaknya sehari sebelumnya

3. Berusaha menampilkan citra mental positif

4. Hindari mengonsumsi terlalu banyak kafein sebelumnya karena ini merupakan stimulan dan dapat membuat Anda merasa lebih gugup dan gemetar.

5. Kuasai pernapasan Anda terlebih dahulu sehingga Anda dapat melakukannya tepat sebelum naik ke panggung.

6. Mungkin sulit untuk menyembunyikan rasa gugup Anda, jadi cara lain untuk mengatasinya adalah dengan menekankan emosi Anda.

7. Berbicara dengan pelan. Saat Anda gugup, Anda mungkin terburu-buru dalam melakukan presentasi dan menyelesaikannya terlalu cepat. 

Hal ini memperjelas kepada penonton bahwa Anda gugup, mungkin membuat mereka frustrasi saat mendengarkan dan menonton, Anda tidak meluangkan waktu untuk terhubung dengan mereka dan kemungkinan besar Anda membuat kesalahan.  

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS