Manfaatkan Potensi Desa, Perempuan di Tuban Ini Ciptakan Susu Jagung yang Lezat

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kabupaten Tuban merupakan wilayah dengan sebagian besar penduduk, bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Maka tak heran, jika berbagai jenis tanaman dapat ditemui saat berkunjung ke daerah ini.

Selain menanam padi, banyak pula petani yang menanam jagung, terlebih pada saat musim kemarau tiba. Tanaman jagung yang melimpah tersebut, salah satunya dapat dilihat di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Melihat potensi tumbuhan jagung yang melimpah tersebut, membuat Mahyanti akhirnya memiliki ide unik untuk membuat susu jagung yang lezat dan juga bergizi.

“Disini memang kebanyakan tanam jagung mbak, jadi saya mencoba untuk memanfaatkannya menjadi suatu produk. Selain susu jagung sebenarnya saya juga membuat kripik jagung,” ucapnya kepada blokTuban.com, Selasa (12/9/2023).

Adapun produk olahan susu jagung ini sendiri, lanjutnya, ia mulai sejak awal tahun 2023 kemarin. Meski saat ini ia belum bisa menyetok produknya tersebut, namun produk olahannya itu cukup banyak diminati oleh masyarakat setempat.

Pasalnya, selain rasanya yang enak, harga yang ditawarkan juga cenderung sangat ramah dikantong, yaitu Rp7 ribu per botolnya.

“Sejauh ini belum menyetok mbak, kalau ada yang pesan saja baru buat, biasanya kebanyakan yang pesan itu dari Pertamina,” jelasnya.

Selain itu, perempuan berhijab ini menambahkan, jika bahan-bahan yang digunakan untuk membuat susu jagung tersebut juga terbilang sederhana. Diantaranya meliputi susu UHT, jagung manis, susu kental manis, dan juga gula pasir.

Menurutnya, resep susu jagung buatannya tersebut, pertama kali ia pelajari dari youtube. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya ia menemukan resep yang cocok untuknya.

“Kalau belajarnya ini sebenarnya dari youtube mbak, jadi inspirasinya dari youtube itu. Sebenarnya proses pembuatannya nggak sulit, cuma merebusnya itu yang lama karena bisa lebih dari satu jam,” bebernya.

Dengan demikian, maka Yanti sapaan akrabnya berharap untuk ke depannya usaha ini bisa lebih maju lagi, dan bisa dikenal oleh masyarakat luas. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS