Jadwal Puasa Sunnah Ayyamul Bidh Bulan Safar di Awal September 202

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Ayyamul Bidh, juga dikenal sebagai hari-hari putih, mengacu pada tiga hari dalam bulan Hijriah yang jatuh pada tanggal 13, 14, dan 15 dari setiap bulan Hijriah

Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berpuasa pada hari-hari putih ini. Meskipun puasa ini tidak diwajibkan, Nabi menganjurkan untuk melakukannya.

Pada bulan Safar, umat Islam juga dianjurkan untuk menunaikan puasa Ayyamul Bidh. Puasa ini dilaksanakan di mana hari pada ketiga tanggal tersebut langit cerah disinari bulan, puasa ini sering juga disebut puasa putih.

Berdasarkan haditsang dikutip dari laman NU Online, diriwayatkan Ibnu Abbas, hukum puasa di Ayyamul Bidh adalah sunnah muakkad, sebuah amalan yang sangat dianjurkan. "Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: 'Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah (Ayyamul Bidh) baik di rumah maupun dalam bepergian'." (HR an-Nasa'i dengan sanad hasan).

Salah satu hadist riwayat Muttafaq, menyebutkan bahwa puasa Ayyamul Bidh setara dengan puasa sepanjang masa. Jika dalam setiap bulan kita melaksanakan puasa selama tiga hari ibarat telah melaksanakan puasa sepanjang masa.

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Safar 2023

Mengacu pada kalender Hijriah yang dikeluarkan oleh Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama (kemenag) RI, puasa Ayyamul Bidh bulan Safar 2023 jatuh pada tanggal:

13 Muharram 1445 H: Rabu, 30 Agustus 2023

14 Muharram 1445 H: Kamis, 31 Agustus 2023

15 Muharram 1445 H: Jumat, 1 September 2023

 

Niat Puasa Ayyamul Bidh

Adapun bacaan niat puasa Ayyamul Bidh sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

"Nawaitu Sauma Ayyaamal Bidh Sunnatan Lillaahi Ta'ala"

Artinya: "Saya niat puasa Ayyamul Bidh, sunnah karena Allah ta'ala."

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS