Kunjungan Kerja di Tuban, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Masjid Hasyim Asy'ari

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Masjid KH. Hasyim Asyari yang terletak Ma'had Bahrul Huda diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma'ruf Amin menjadi salah satu agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Tuban bersama rombongan, Kamis (10/8/2023). 

Setelah meresmikan tempat ibadah umat muslim tersebut, orang nomor dua di Indonesia tersebut berharap dengan berdirinya masjid ini di tengah-tengah pesantren ini, dapat menjadi pusat dakwah dan pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

"Saya berharap pondok pesantren ini tidak hanya melahirkan santri yang hanya bisa membaca kitab, tapi juga berijtihad dalam merespon masalah yang terjadi," ujarnya, Kamis (10/8/2023). 

Adanya masjid di lingkung pesantren sendiri, lanjutnya, merupakan gebrakan yang sangat luar biasa dan dapat menjadi model pengembangan kualitas Ma'had di Indonesia ke depannya. 

Meskipun berada di pondok pesantren, tapi lingkungannya tetap bersih. Baik dari segi ruangan, masjid maupun airnya. 

"Ini saya kira bisa menjadi model Ma'had ke depan, jangan sampai pesantren itu rusuh, masjidnya itu kumuh, airnya kotor. Saya kira keadaannya tidak menyenangkan. Pesantren ini saya kira bisa menjadi model yang luar biasa," paparnya.

Sementara itu, Pengasuh Ma'had Bahrul Huda, KH Fathul Huda menjelaskan jika Masjid KH Hasyim Asyari ini merupakan masjid ketiga yang telah dibangun. 

Dimana, sebelumnya ia juga telah membangun masjid di dekat lembaga pendidikan Sekolah Dasar (SD), serta masjid pertama yang berada di Lembaga Pendidikan KB dan juga TK. 

"Masjid ini merupakan masjid yang dibangun ketiga kalinya," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Bupati Tuban selama dua periode tersebut. 

Adapun pemberian nama KH Hasyim Asyari sendiri merupakan nama kedua yang disematkannya di Kabupaten Tuban, dengan harapan dapat mentafarukan terhadap pendiri ulama. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS