Selama Libur Akhir Semester, Wisatawan di Pantai Kelapa Tuban Membludak

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Selama libur akhir semester berlangsung, masyarakat sering memanfaatkannya dengan berkunjung ke suatu destinasi wisata, untuk memanfaatkan waktu senggang yang dimilikinya.

Di Kabupaten Tuban sendiri, banyak tempat pariwisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat, salah satunya ialah Pantai Kelapa yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Panyuran, Muhasan mengatakan pada momentum libur akhir semester ini, kunjungan di wisata yang dikelolanya mengalami peningkatan.

baca juga:

Wisata Pantai Cemara Tuban Jadi Alternatif Habiskan Liburan Sekolah

Terpantau, setiap harinya ada ratusan wisatawan yang hilir mudik dari wisata, yang memiliki icon ribuan pohon kelapa tersebut.

“Terkait kunjungan di masa liburan semester ini, yang pasti kunjungan naik di masa liburan ini,” katanya kepada blokTuban.com, Sabtu (15/7/2023).

Menurutnya, pada momen liburan kali ini, kunjungan wisatawan naik kurang lebih hingga tiga kali lipat. Pasalnya, jika di hari-hari biasa tiket hanya terjual sekitar 200 lembar, kini tiket tersebut paling tidak setiap harinya ludes minimal 500 hingga 700 lembar.

baca juga:

Wisatawan Mancanegara ke Jatim Bulan Mei Tercatat 15.734 Orang

Adanya kenaikan jumlah wisatawan ini sendiri, sudah terjadi sejak perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah beberapa waktu lalu, dan berlanjut hingga saat ini.

“Jadi kenaikan katakanlah kalau hari efektif biasanya hanya 200 pengunjung, kali ini bisa mencapai antara 500 sampai 700 an pengunjung setiap hari,” ujarnya.

Adapun para pengunjung yang datang, lanjutnya, didominasi oleh wisatawan dari luar kota. Seperti halnya dari Kabupaten Mojokerto, Pasuruan, Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Sidoarjo, hingga wisatawan dari Kabupaten Gresik.

Lebih lanjut, kendati saat ini kunjungan di Pantai yang memiliki fasilitas seperti wahana permainan anak, kantin, kafe, musalla, gazebo hingga spot foto yang menarik tersebut saat ini sedang membeludak. Namun Hasan, sapaan akrabnya, mengaku tidak memberikan tarif khusus untuk pelanggan. 

“Pengunjung banyak yang datang dari luar kota mbak, kebanyakan dari daerah yang tidak punya pantai. Sementara dari sisi tiket, dari kita tidak pernah ada berubahan, baik weekend ataupun musim liburan, jadi untuk tiketnya masih sama yaitu Rp10 ribu,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS