Jelang Tahun Ajaran Baru, Masyarakat di  Tuban Antusias Serbu Toko  Peralatan Tulis

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comMenjelang datangnya tahun ajaran baru 20232024  yang tinggal menghitung  hari, masyarakat  di Kabupaten Tuban mulai menyibukkan  diri untuk mencari kebutuhan peralatan sekolah anak-anaknya.

Tak heran,  jika toko yang  meyediakan  peralatan tulis  sekolah  banyak diserbu oleh masyarakat. Salah satuya, terpantau di toko Winarti Stationery yang berada di Pasar Baru Tuban, yang terletak di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Pemilik toko Winarti Stationery, Soimah mengungkapkan jika penjualan peralatan tulis sekolah memang mengalami peningkatan, menjelang dimulainya tahun ajaran baru ini.

“Untuk liburan ini jelas meningkat mbak, karena sudah menjelang masuk sekolah. Jadi para orangtua banyak yang mencari peralatan sekolah untuk anak-anaknya,” katanya kepada blokTuban.com, Kamis (13/7/2023) saat ditemui di lapak jualannya.

baca juga:

Kumpulan Yel-yel MPLS Tingkat SMP SMA dan SMK Mudah dengan Nada Lagu Populer

 

Menurut perempuan berparas cantik ini sendiri, peningkatan penjualan alat-alat tulis tersebut mulai terjadi setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah kemarin. Kendati demikian, peningkatan yang signifikan baru terjadi beberapa minggu belakangan ini.

Bahkan, Soimah mengaku jika peningkatan penjualannya, meningkatkan kurang lebih 50 persen. Dimana, dari seluruh perlengkapan alat tulis yang ia jual, barang yang paling banyak dicari oleh masyarakat ialah buku tulis.

Tak tanggung-tanggung, dalam sehari ia bisa menghabiskan kurang lebih sebanyak   12 karton buku tulis.

“Kalau harga buku itu selalu mengalami kenaikan mbak setiap menjelang kenaikan kelas, entah itu naik Rp500 ataupun Rp1000 itu pasti naik. Kalau sekarang harganya mulai dari Rp25 ribu per pack sampai Rp55 ribu.

baca juga:

Cegah Sekolah Sepi Peminat, Begini Upaya yang dilakukan Disdik Tuban

Sementara salah seorang pembeli, Siska mengatakan sedang mencarikan peralatan menulis untuk anaknya, yang saat ini mulai  duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

“Ini membelikan anak saya yang perempuan mbak, baru lulus TK mau masuk SD. Ini lagi cari buku tulis, pencil sama kotak pencilnya sekalian,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS