Mahipal Tuban Gelar Latgab Panjat Tebing di Lembah Gembul

Penulis: Kharisma 

blokTuban.com - Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menggelar latihan gabungan (Latgab) panjat tebing di lembah Gembul, Desa Jadi, Kecamatan Semanding mulai 8-9 Juli 2023. 

Mahipal menilai Tuban sebagai kawasan karst memiliki banyak ragam potensi bentukan karst selain berupa Goa juga tebing-tebung dan lembah yang menjulang tinggi.

Selain penyaluran hobi dan wisata alternatif, dibukanya jalur pemanjatan tebing ini juga sebagai upaya konservasi sumber air. Sebab, di area tebing tebing terdapat beberapa sumber mata air. 

Sumber air selama ini digunakan untuk kebutuhan warga sehari-hari serta pengairan Tegal atau ladang. Aktivitas penambangan batu kapur di kawasan Gembul ini cukup marak dan semakin tak terkendali. Apabila tak dikelola secara bijak dikhawatirkan mematikan sumber air. 

Baca Juga:

IGI Gelar Pelatihan ChatGPT untuk Guru di Tuban

Di kawasan ini juga terdapat petilasan Walisongo dan ceruk-ceruk hunian manusia prasejarah dan goa berair yg indah yang menarik untuk dijelajahi. 

Kalau misalnya tebing ini ditambang habis, maka besar kemungkinan sumber air di bawah itu akan rusak. Pemanjatan ini, juga bagian konservasi. [Ris/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS