Menteri Koperasi dan UKM RI Panen Padi Bersama Petani di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blok Tuban.con - Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia (RI) bersama dengan perwakilan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Forkopimda Kabupaten Tuban, melakukan panen padi bersama para petani yang berada di Desa Senori, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. 

Diketahui, padi yang dipanen di lahan seluas kurang lebih satu hektar tersebut, merupakan tanaman yang telah di tanam oleh Presiden RI, Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Tuban pada Bulan April 2023 lalu. 

"Hari ini saya jadi bersama SPI (Serikat Petani Indonesia) untuk panen padi yang waktu itu ditanam oleh Bapak Presiden," ujar Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, kepada sejumlah awak media setalah melakukan panen padi, Sabtu (8/7/2023). 

Sesuai dengan arahan dari Presiden RI, lanjutnya, seluruh petani yang ada di Kabupaten Tuban diminta untuk segera memanfaatkan lahan dengan melakukan tanam kembali. 

Hal tersebut, menyusul dengan adanya ancaman kekeringan di Indonesia, akibat dari adanya penguatan Fenomena El-Nino yang diprediksi terjadi pada musim kemarau tahun 2023 ini. 

"Siap-siap kita menghadapi El-Nino atau kemarau panjang. Alhamdulillah hasilnya cukup bagus dan saya kira ini cukup menggembirakan," katanya. 

Selain itu, dalam kegiatan yang dikemas guna memperingati Hari Ulang Tahun Serikat Petani Indonesia yang ke-25 ini, Menteri Teten sapaan akrabnya, juga mengajak para petani untuk mendirikan koperasi, dengan luas kurang lebih 1000 hektar. 

Dengan didirikannya koperasi di Kabupaten Tuban tersebut, ia optimis bahwa hal tersebut ke depannya dapat mensejahterakan para petani di Kabupaten Tuban. 

"Optimis kalau bisnis modelnya dibenahi, kami juga sudah ada beberapa model jadi tidak terlalu sulit. Nanti dengan memanfaatkan sistem pembiayaan dana bergulir koperasi dengan pembiayaan KUR dengan biaya tanamnya," jelasnya. 

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan dengan adanya lembaga koperasi di Desa Senori ini diharapakan dapat menyelesaikan masalah yang ada di kabupaten Tuban. 

Oleh karena itu, ia meminta agar para petani dapat memaknai kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Pusat, dengan langsung merealisasikan program-program yang telah direncanakan bersama. 

"Intinya pemerintah ingin merubah budaya-budaya, yang pada dasarnya ingin mendekatkan langsung kepada alam. Kalau kita ikut melestarikan alam, insyaallah hasil panennya itu juga akan lebih tinggi," paparnya. 

Disamping itu, Bupati muda ini juga menyampaikan bahwa dengan adanya lembaga koperasi tersebut, maka para petani tidak perlu susah lagi dalam mencari pupuk maupun bibit. 

Bahkan, para petani yang menjadi anggota koperasi juga akan semakin mudah dalam memasarkan produk panen serta dapat meraih untung yang lebih banyak dari sebelumnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS