Dua Pejabat Fungsional Kemenag Tuban Jadi Peserta Terbaik di Ajang Pelatihan KTI

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Dua pejabat di Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dari kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menjadi peserta terbaik dalam Pelatihan KTI (Karya Tulis Ilmiah) bagi Jabatan Fungsional Tertentu (JFT). 

Pelatihan yang diglar di Balai Diklat Keagamaan Surabaya itu ditutup oleh Kabag TU Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muslimin, Sabtu (8/7/2023). Dua orang JFT Kemenag Tuban Sindi Lisdiani Analis Kepegawaian Pertama dan Laidia Maryati Pranata Humas Madya masuk peringkat 3 besar.

"Selamat kepada saudara Beny Widyatama Pranata Keuangan dari Kemenag Kota Blitar dan dua orang lainnya dari Kabupaten Tuban, semua peserta lolos dengan nilai baik dan berkompeten," ujar Muslimin.

Pria asal Lamongan ini berpesan kepada semua peserta untuk tetap semangat belajar menyempurnakan KTI.

"Setelah di gembleng selama enam hari dan mendapatkan pengetahuan tentang pembuatan Karya Tulis Ilmiah diharapkan ada karya nyata, benefit dan impact," pesannya.

Muslimin berharap semoga pelatihan ini ada manfaat untuk karier yang lebih baik, untuk instansi dan masyarakat. 

"Negara sudah memberikan yang terbaik kepada ASN, sudah selayaknya ASN memberikan timbal balik dengan memberikan pelayanan yang terbaik sesuai tugas pokok dan fungsi," imbuhnya.

Materi yang diberikan dalam pelatihan di antaranya Building Learning Comitment oleh Widyaiswara Dr. Anung Edy Nugroho,Praktek Pembuatan Makalah oleh Dr. Andiek Widodo, MM dan Dasar-dasar Penulisan Ilmiah oleh Dr. Heni Mardiningsih. 

Selain itu juga ada materi Pendidikan Bidang Agama oleh Plt. Kepala Puslitbang Lektur Jakarta Prof. Dr. M. Arskal Salim, GP, M.Ag, materi konfersi penilaian kinerja oleh BKN, materi Manajemen ASN oleh Analis Kepegawaian Kanwil Kemenag Jatim Syamsun Niam SH dan dari Dr. Musfiqon tentang dasar-dasar menulis buku.

Ketua Panitia Kegiatan Wadi Rahmoko menjelaskan selama kegiatan peserta berlaku baik, kooperatif dan sangat antusias mengikuti materi demi materi.  Peserta pun memberikan penilaian kepada Widyaiswara dan segenap panitia dengan baik pula.

Sementara itu Pranata Humas Ahli Madya Laidia Maryati, menjelaskan selain Analis Kepegawaian Ahli Pertama Kemenag Kabupaten Tuban juga mengirimkan peserta Pengelola Barang dan Jasa Ahli Muda Sri Basuni.

Laidia Maryati mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan ilmu baru dalam diklat ini. "Terimakasih kepada semua teman peserta diklat yang sudah kompak dan saling support," ujar wanita asal Pati Jawa Tengah ini.

Ia menambahkan, kemampuan untuk menulis dan mempublikasikan karya tulis ilmiah merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas  Humas Kemenag daerah.[ono]