Konten Kreator blokTuban Jadi Narasumber di Outing Jurnalistik SMPN 1 Baureno

Reporter: Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Belasan jurnalis muda dari program ekstrakulikuler Jurnalistik Bhakti Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro melaksanakan outing jurnalistik di Maharani Goa dan Zoo Kabupaten Lamongan, Kamis (06/07/2023).

Kali ini tema yang diangkat dalam program outing jurnalistik adalah "Menyingkap Alam, Menguak Legenda Goa Maharani" dengan tetap memfokuskan pada area setempat. Para siswa dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing kelompok berisikan 3 siswa.

Sebelum outing jurnalistik dimulai, Bu Siti Luluk Guru Pembina Ekstra Jurnalistik memberikan arahan terkait dengan apa saja yang harus dilakukan para Siswa SMPN Baureno 1 saat berada di lokasi, sehingga tidak melupakan tujuan utama kegiatan utama  outing jurnalistik tersebut.

"Silakan belajar di sini dengan serius, kita santai, tapi jangan lupa tujuan utama dari kegiatan ini," ujarnya.

Selain itu, Bu Siti Luluk juga memberikan motivasi kepada para siswa tersebut agar memiliki semangat yang tinggi terhadap jurnalistik dengan memberikan percontohan seorang sastrawan Khairil Anwar dengan berbagai macam karyanya yang saat ini masih digemari banyak kalangan.

"Ingat kata Khairil Anwar, aku mau hidup seribu tahun lagi, nyatanya bisa yang dibuktikan dengan karya jurnalistiknya itu," tambahnya.

Sementara itu, Dhahrul Mustaqim dari tim konten kreator bloktuban.com pada saat mendampingi outing jurnalistik mengatakan bahwa para siswa diberikan kekebasan untuk melakukan praktik dengan pemberian tema yang berbeda-beda, sehingga menurutnya tulisan yang dihasilkan dapat berwarna.

"Para siswa kita bebaskan mau menulis apa, yang penting apa yang mereka tulis temanya berbeda supaya tulisan yang dihasilkan dapat berwarna," katanya.

Lebih lanjut, Cak Rul sapaan akrabnya berharap tulisan yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi siswa lainnya di sekolah maupun masyarakat umum yang memang minat dengan jurnalistik. Seperti yang disampaikan, banyak tokoh hebat yang lahir dengan dengan menghasilkan sebuah karya buku.

"Kita berusaha mendampingi dengan sebaik mungkin, sehingga karya yang dihasilkan benar-benar berkualitas," pungkasnya.[Rul/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS