Idul Adha Telah Usai, Waspada 5 Gejala Asam Urat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Konsumsi daging merah setelah perayaan Hari Raya Idul Adha diperkirakan meningkat dari biasanya. 

Maka penyakit asam urat menjadi salah satu penyakit yang banyak mengganggu masyarakat dalam beraktivitas. Namun asam urat harus dikenali sejak dini agar dapat ditangani dengan tepat. 

Pasalnya daging hingga jeroan daging kurban, baik sapi maupun kambing, bisa meningkatkan asam urat. Sehingga mengenali gejala asam urat secara spesifik bisa banyak membantu proses penyembuhan, sebelum semuanya terlambat.

Perlu diwaspadai adanya gejala meningkatnya kadar asam urat dalam darah seperti berikut ini. 

1. Nyeri di Persendian

Selanjutnya adalah rasa nyeri di bagian persendian. Rasa nyeri yang muncul ini diakibatkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam darah, sehingga memicu munculnya kristal asam urat di bagian sendi.

Beberapa bagian yang paling sering mengalami nyeri adalah di pergelangan kaki, pergelangan tangan, jari tangan, lutut, dan bagian siku.

2. Pembengkakan Sendi

Gejala yang paling sering muncul salah satu diantaranya adalah pembengkakan sendi. Hal ini juga dikenal dengan sebutan sinovium, dan diakibatkan karena meningkatnya volume synovial atau cairan pelumas di bagian sendi.

Peningkatan synovial sendiri jadi salah satu efek utama dari kondisi asam urat yang dialami, sehingga membuat bagian persendian terasa nyeri dan membesar.

3. Muncul Benjolan

Ketika gejala-gejala yang muncul sebelumnya tidak lekas ditangani, bisa saja muncul benjolan sebagai efek lanjutan dari gejala asam urat yang ada. Benjolan ini muncul pada persendian dan disebut dengan thopi. Thopi ini menjadi kronis dan keberadaannya permanen, sehingga dapat merusak sendi dan jaringan lunak yang ada di sekitarnya.

4. Rasa Tidak Nyaman pada Sendi

Ketiga adalah rasa tak nyaman pada bagian sendi-sendi yang ada. Rasa tidak nyaman ini bisa berlangsung beberapa hari dan fase, hingga bahkan beberapa minggu secara terus menerus.

Ketika asam urat kembali kambuh, jangka waktunya akan menjadi lebih lama dari sebelumnya, dan ada kemungkinan menyerang bagian sendi lain yang sebelumnya tidak merasakan efek dari asam urat ini.

5.Panas di Persendian

Rasa panas ini akan muncul ketika persendian mengalami peradangan. Tidak sekedar nyeri dan bengkak saja, tapi sensasi panas akan muncul, atau setidaknya sedikit rasa hangat yang tidak wajar.[Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS